Tips Menyapih dengan Cinta

...


Kemarin banyak banget yang tanya soal Tips Menyapih Emil Awim. Dulu Emil lepaas sendiri usia 22 bulan, soalnya kondisinya Bundami uda hamil Awim 7 bulan. Sedangkan Awim, disapih usia 24 bulan, tepat dua tahun, prosesnya sekitar 2 minggu. Berikut Bundami ceritakan ya...

Pertama, bertahap meminimalisir frekuensi menyusui. Jadi sekitar satu sampai dua bulan sebelum sapih, Awim hanya akan minta ASI saat dia mau bobo. Karena Awim sudah bisa diajak komunikasi, jadi Bundami pun nego kalau menyusu HANYA saat di rumah, jadi kalau misal lagi di luar rumah, Awim gak akan minta ASI. Tahap meminimalisir ini penting, biar anak nggak kaget kalau harus "tiba-tiba" lepas ASI.

Kedua, Awim nggak saya biasakan minum susu formula pengganti, lebih baik disediakan makanan bervariasi, karena Awim anaknya hobi banget makan dan ngemil hehehe. Palingan sehari minum susu UHT aja itu pun kalau ada, yang kemasan kecil 125 ml.

Ketiga, banyak-banyak komunikasi kalau anak sudah mau usia 2 tahun, sama seperti Kakak yang saat udah 2 tahun nggak menyusu lagi. Bundami biasakan mengobrol ringan sama Awim di beberapa waktu, tentang bentar lagi Awim sudah nggak nenen lagi.

Keempat, komunikasikan pada anak kalau tidak menyusu bukan berarti berkurang rasa sayangnya, melainkan emang proses yang akan dilalui anak seiring dia besar.

Bundami blg sama Awim "Alhamdulillah Abang Awim usianya dua tahun, semakin besar, sebentar lagi tidak perlu menyusu lagi. Meski begitu, Bundami tetap sayang sama Awim." sambil senyum-senyum dan becanda.
.
Kelima, saat proses sapih mau lepas banget ada saatnya Awim masih lupa di beberapa waktu, Bundami kalau malam Awim mengingau kemarin2 ttep masih kasih. Tapi cuma bentar, nanti sambil pelul blg "Udah ya nggak nenen lagi kan sudah dua tahun." Lalu sambil cium Awim akan tidur lagi.
.
Keenam, pastikan tidak ada yang berubah saat akan ritual tidur. Bundami masih tetapkan standar malam setelah wudhu, gosok gigi, bedtime stories, ditambah ada minum air putih dulu. Lalu tetap peluk cium dan dikelonin sampai tidur. Biasanya Awim akan nempel di salah satu ketiak Bundami, terus nyium bagian dada.

Ketujuh, menikmati prosesnya setenang mungkin.

Semoga Bermanfaat untuk Ayah Bunda.


Original Created By Fufu Elmart

Next Article