Tips Mempersiapkan Ramadhan bersama Keluarga

...

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu oleh ummat Islam di seluruh dunia.



Agar setiap anggota keluarga bisa menjalankan dan memaknai bulan yang penuh berkah ini, maka ada berbagai hal yang harus dipersiapkan. Lalu, persiapan apa sajakah yang harus dipersiapkan??



1.            Persiapan Batin ?

Yaitu membersihkan hati dan alam pikiran dari cabang-cabang penyakit hati, baik iri hari, dengki, dendam, sombong, suka pamer, gila pujian, dan sebagainya.?



2.            Persiapan Fisik ?

Yaitu, Menyiapkan jasmani yang kuat agar bisa beribadah dengan baik dan khusyu. Disebutkan pula dalam hadits, “Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah dari mukmin yang lemah.”?



3.            Persiapan Harta?

Persiapan harta yang Anda miliki untuk bersedekah. Ajak juga anak-anak untuk menyisihkan harta yang dimiliki untuk bisa disedekahkan kepada orang-orang yang tidak mampu. ?



4.            Persiapan di Rumah?

Persiapan di rumah ini mencakup menu sahur atau buka shaum yang akan dibuat. Rencanakan pula tentang waktu berbuka bersama keluarga dan juga sahabat maupun kerabat. ?



Agar lebih dekat dengan keluarga, sebelum Ramadhan luangkan waktu khusus untuk membereskan rumah bersama-sama. ?



5.            Persiapan Ilmu?

Ajak keluarga untuk menyiapkan ilmu tentang ibadah shaum. Hal tersebut bisa didapat di kajian, buku, media elektronik, dan lain sebagainya. ?


Khusus persiapan terakhir, Kini tersedia pula buku yang khusus mengenalkan tentang Ramadhan yang dikemas dengan menarik untuk anak-anak persembahan dari #SakeenaPublishing. ?


Penasaran dengan bukunya? Jangan lupa Follow dulu akun @sakeenafamily!

Next Article