Terapi Kol untuk Bendungan ASI

...

Bundami mau cerita sedikit ya tentang pengalaman mengatasi payudara bengkak karena bendungan ASI. Hari pertama dan kedua melahirkan, ASI keluar masih sedikit berupa kolostrum. Nah, di hari ketiga ternyata super deras sampai melebihi kebutuhan Kakang, karena belum banyak juga nyedotnya. Walhasil, bengkak lah payudara. Mau breast care sendiri, kesakitan. Semalaman menahan sakit sambil menyusui, sampai hampir demam karena bengkak payudara. Udah ada tanda-tanda infeksi, pembesaran kelenjar getah bening area ketiak. Udah khawatir aja.

Sampai pagi-pagi, akhirnya memutuskan untuk terapi pakai KOL. Hah seriously? Yesss Kol! Caranya mudah banget, lembaran kol diambil kalau bisa bentuknya sesuai ukuran payudara, jangan sampai sobek, lalu masukkan ke freezer sekitar 20-30 menit. Setelah itu, tempel di payudara yang bengkak, kemudian baru pakai bra untuk menopang. Tunggu sampai sekitar 30 menit, sampai kol nya layu. Lalu taraaaa, bengkak payudara pun mereda, dan setelah jadi lebih lentur bisa dengan lebih mudah untuk di massage breast care, dengan lebih nyaman gak perlu linu kesakitan.

Bundami kutip ya dari artikel dan jurnal penelitiannya, bahwa KOL ini kaya akan fitonutrien dan berbagai vitamin seperti vitamin A, C & K. Ini semua adalah antioksidan alami, yang membantu mencegah kanker. Kenapa kol digunakan untuk terapi pembengkakan? Nah, karena kol diketahui mengandung asam amino metionin yang berfungsi sebagai antibiotik dan kandungan lain seperti sinigrin (Allylisothiocyanate), minyak mustard, magnesium, dan oxylate heterosides belerang yang dapat membantu memperlebar pembuluh darah kapiler sehingga meningkatkan aliran darah untuk keluar masuk dari daerah tersebut, sehingga memungkinkan tubuh untuk menyerap kembali cairan yang terbendung dalam payudara tersebut. Selain itu daun kol juga mengeluarkan gel dingin yang dapat menyerap panas.

Udah tiga kali melahirkan alhamdulillah terapi kol ini selalu sukses kalau buat Bundami, saat payudara bengkak karena produksi ASI berlebih.

Semoga bermanfaat buat mommies yang mau melahirkan dalam waktu dekat ya

 

Original Created By: fufuelmart

Next Article