Tazkiyatun Nafs, Kunci dalam Mendidik Anak

...


Tazkiyatun nafs atau yang sering disebut penyucian jiwa bagi para orangtua adalah hal yang sangat penting untuk mendidik anak-anak.

Pakar parenting, Ustadz Hary Santosa mengatakan bahwa Tazkiyatun Nafs merupakan upaya menyucikan jiwa dengan mengembalikan fitrah manusia sehingga teraktualisasi menjadi semakin mulia dalam kehidupan serta tidak terkubur atau tersimpangkan.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Asy Syams: 7-10

‘’Demi jiwa serta penyempurnaannya. Maka Dia mengilhamkan kepadanya jalan kejahatan dan ketakwaannya. Sungguh beruntung orang yang menyucikan nya (jiwa itu). Dan sungguh rugi orang yang mengotorinya.”

Ayat di atas mengajarkan bahwa jiwa yang sempurna adalah jiwa yang di dalamnya ada dua jalan yaitu jalan dosa dan jalan takwa. Tugas kita bukanlah menghilangkan jalan dosa tetapi membersihkan jiwa (Tazkiyatun Nafs).

Begitupun juga dalam mendidik anak-anak kita, jangan kita memotong jalan yang salah itu karena jiwa anak kita tidak lagi jadi sempurna jika ia tidak mengenal jalan salah.

Maka syukuri setiap kenakalan, anak-anak kita karena dari situlah ia akan belajar memperbaiki diri dan dari sanalah kita sebagai orang tua akan belajar dan juga bisa mengajarkan pada mereka tentang tazkiyatun Nafs.

Untuk itu, mengajarkan Tazkiyatun nafs pada anak dahulukan terlebih dahulu tentang sebuah kebaikan dalam hal apapun bukan mengajarkan terlebih dahulu tentang larangan-larangan yang ada. Lebih mudahnya, ajarkan dahulu amar ma’ruf sebelum nahyi munkar.

Karena intisari dari tazkiyatun nafs adalah bukan menjadi jiwa yang  tidak berbuat dosa melainkan menjadi jiwa yang selalu membersihkan diri dari dosa.


Mengajarkan Tazkiyatun nafs pada anak pun tidak harus menunggu mereka dewas. Bisa dikenalkan sejak dini. Tentunya dengan cara menyenangkan, sederhana, dan dengan Bahasa yang mudah dipahami.

Lalu, seperti apa acara mengajarkannya?

Ayah Bunda, bisa temukan jawabannya dalam buku terbaru dari SakeenaPublishing seri ‘’Tazkiyatun Nafs’’, ComingSoon.

Next Article