Kenapa Sih Anak Udah Dikasih Buku Dari Bayi ? Mereka Kan Belum Bisa Baca!

...

KENAPA SIH ANAK UDAH DIKASIH BUKU DARI BAYI? MEREKA KAN BELUM BISA BACA! 

Pertama, tujuan membacakan buku untuk bayi, bahkan sejak ia dalam janin, bukan bertujuan membuat dia lebih cepat baca. 

Namun, tujuan utamanya adalah membiasakan anak pada sumber ilmu, serta menguatkan bonding dengan Ayah Ibu karena interaksi rutin membacakan bersama anak. 

Pengen anaknya sudah besar rajin belajar? Yuk biasakan dulu sedari kecil dengan aktifitas 'belajar' dengan menyenangkan melalui dibacakan buku oleh Ayah Ibunya. 

Kedua, wahyu pertama ayat Al-Qur'an yang disampaikan pada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam itu, adalah IQRA. Artinya Bacalah! 

Maka sejatinya MEMBACA adalah salah satu fitrah setiap manusia. Untuk mencari kebenaran, untuk mengikuti sejatinya pedoman yaitu Al-Qur'an. 

Jadi, tidak ada istilahnya anak tidak suka membaca, karena fitrahnya manusia adalah memang melakukan pencarian di dunia ini, dan kunci utamanya adalah membaca petunjuk-Nya.

Ketiga, penanaman anak suka belajar dan membaca buku itu bukan kegiatan satu hari dua hari. Namun perlu bertahun-tahun sedari dini. Sudah banyak riset para ahli yang menyebutkan bahwa anak-anak yang terbiasa dibacakan buku sedari kecil, memiliki kecerdasan lebih, minat baca lebih, dan juga hasrat belajar lebih baik dibanding mereka yang tidak terbiasa dibacakan buku sejak kecil. 


Tidak ada yang kebetulan, ketika Allah memberikan kita akses pengetahuan pada kita tentang hal ini. Mari mulai fasilitasi anak-anak kita, media yang akan memupuk kecintaan pada Allah, pada ilmu Allah, dan pada kitab Allah sedari dini. 

Salah satunya dengan menghadirkan buku Cilukba! Hewan Ciptaan Allah; membantu anak bayi batita mengenalkan hewan sambil tadabbur Al-Qur'an. 

Wallahualam, 

Foezi Citra Cuaca Elmart
Penulis Buku-buku Sakeena ????????

Next Article