Jadi lebih baik toilet mana?

...


Saat toilet training Emil dan Awim dulu, saya sama Yabi @canunkamil mengajarkan dua jenis sama Emil Awim. Yaitu menggunakan toilet jongkok dan toilet duduk

Alasan, pertama karena toilet di rumah kami masih toilet jongkok. Sedangkan saat kami bepergian di beberapa tempat menggunakan toilet duduk????

Sebenarnya penggunaannya ada plus minusnya

Kalau toilet jongkok, secara posisi kita untuk BAK dan BAB, itu dipandang lebih baik bagi kesehatan, karena baiknya saat BAB terutama, posisi jongkok membuat rektum (bagian usus besar menuju anus) lebih lurus dan tidak terlipat, karena sudut posisi kita 35 derajat. Berbeda halnya saat duduk, malah membuat bagian usus besar terlipat sehingga kurang bagus untuk kelancaran proses buang air besar. Kekurangannya, buat anak-anak terutama adalah agak sulit dan licin untuk meletakkan kaki di tumpuan WC jongkok. Serta perlu mengajarkan anak keterampilan khusus saat cebok, antara memegang gayung dan membasuh kemaluan. (Ini melatih skill right-left hand coordination anak).

Sedangkan toilet duduk, kelebihannya lebih safety untuk anak-anak karena bisa pakai potty alas duduk untuk anak. Bisa diakali juga dengan adanya pijakan (like jojodog haha ) agar anak posisinya nyaman. Namun kekurangannya, adalah perlu melatih anak posisi gmna caranya posisi lutut bisa lebih atas, agar proses BAB lancar (sudut 35 derajat) Jugaaa perlu diajarkan kebersihan menggunakan toilet duduk di tempat umum, karena biasanya alas duduk pahanya itu bekas banyak orang.

Emil Awim tidak kami ajarkan pipis sambil berdiri, meski di toilet umum laki2 ada tempat pipis berdiri. Kami memberi mereka pengertian kalau anjuran Rasulullah ya pipis dan pup itu sambil jongkok tidak berdiri (Seperti adab di isi buku BAT, yeay promosiiii )

Jadi, sekarang ini mereka bisa memakai dua jenis toilet berbeda. Kalau di rumah, bisa pakai toilet duduk, meskipun perlu pendampingan. Karena kalau toilet umum, ada beberapa semprotan cebok terlalu keras keluarnya dan ada yang semprotan dari arah bawah itu, mereka belum mahir pakai nya.

Ayah Bunda pilih yang mana?

 

Original created by :fufuelmart

Next Article