...

Apa itu Adab ?

Seorang ulama menasehati anaknya, “Yaa Bunayya, ashibil fuqahaa wal - ulama, wa ta’allam minhum, wa - khudz adabahum”. (Wahai anakku, bergaullah dengan para fuqaha dan ulama, belajar pada mereka, dan ambillah adab mereka). .

Nabi Muhammad salallahu ‘alaihi wa sallam pu berpesan kepada umatnya, “Muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah adab mereka.” (Akrimuu aulaadakum, wa-ashinuu adabahum)” HR Ibn Majah. .

Imam asy-Syafi’i rahimahullah pernah ditanya, “Bagaimana us...

Read More
...

Kenapa Kita Tidak Bisa Melihat Allah ? – Emil, 6 Tahun-



Originally Created By ; Fufuelmart

"Bi, kok kita nggak bisa ngeliat Allah?" tanya Emil sama Yabi.

 "Iya kak, mata kita saja terbatas. Coba, coba, kakak bisa nggak ngeliat kuman yang ada di tangan, di gigi, atau di kulit?"

 "Nggak bisa liat bi, harus pakai kaca pembesar dulu!" balas Emil.

 "Iya, soalnya penglihatan kita terbatas. Ada hal-hal yang nggak bisa kita lihat dengan mata kita. Coba lagi deh, kita bisa nggak ngeliat bumi secara keselur...

Read More
...

Haruskah Setiap Keinginan Anak Dipenuhi oleh Ayah Bunda?


"Mi, Emil mau dong dipotong rambut di sana yang ada mobil-mobilannya!" kata Emil setiap kali melihat barber shop yang ada di Mall.

Kami tidak pernah mengabulkannya. Selain emang bukan kebutuhannya, biar anak-anak terbiasa mendapatkan fasilitas yang 'standar' untuk kepentingan yang nggak urgent.

Emil Awim biasanya cukur rambut di barber shop biasa sama Ayabinya.

Dan kebetulan di foto ini, Emil Awim Eshan dianter sama Bundami cukurnya. Karena jadwal Ayabi @canunkamil yang ...

Read More
...

Cara Mengenalkan Esensi Shalat pada Anak

Banyak banget orangtua yang ngeluh anaknya susah banget disuruh shalat, padahal udah baligh.

Banyak banget juga orangtua yang bingung ngajarin anaknya yang usia 7-10 tahun buat shalat.

Banyak orangtua yang akhirnya 'menyerahkan' pengajaran tentang shalat pada sekolah/guru ngaji anaknya.

Banyak orangtua yang terlalu fokus menyuruh anaknya hafal bacaan shalat, meski gak pernah kasih tahu 'Buat apa sih kita shalat?'

Sehingga, setelah dewasa, shalat dianggap sebatas kewa...

Read More

Shalat Ingat Allah

"Dulu waktu Kecil, saya sudah hafal bacaan shalat bahkan sebelum masuk sekolah SD. Ayah dan Ibu pun fasilitasin buat ngaji dan sekolah agama.

Tapi, waktu kecil juga saya sering berbohong soal shalat, berpura-pura sudah shalat padahal belum. Setelah menikah, saya suka shalat, tapi ya seringnya di akhir waktu, gak jadi prioritas utama.

Rasanya shalat tuh ya kayak kewajiban aja gitu l...

Read More
...

Tips Menyapih dengan Cinta


Kemarin banyak banget yang tanya soal Tips Menyapih Emil Awim. Dulu Emil lepaas sendiri usia 22 bulan, soalnya kondisinya Bundami uda hamil Awim 7 bulan. Sedangkan Awim, disapih usia 24 bulan, tepat dua tahun, prosesnya sekitar 2 minggu. Berikut Bundami ceritakan ya...

Pertama, bertahap meminimalisir frekuensi menyusui. Jadi sekitar satu sampai dua bulan sebelum sapih, Awim hanya akan minta ASI saat dia mau bobo. Karena Awim sudah bisa diajak komunikasi, jadi Bundami pun neg...

Read More
...

Didiklah Anak sesuai Zamannya


 "Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup bukan di zamanmu" -Ali bin Abi Tahlib-

 Sudah sangat jelas bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini serba berubah.

 Sesuatu yang hari ini istimewa, tapi pada 10 atau 20 tahun mendatang bisa jadi hanya hal yang biasa-biasa saja.

 Sesuatu yang hari ini mustahil, bisa jadi pada 10 atau 20 tahun mendatang adalah hal yang bisa dengan mudah untuk dilakukan.

 Karena itu, beg...

Read More
...

Belajar Keikhlasan dari Akar Pohon

 

 ("Akar Pohon itu Letaknya tersembunyi dalam tanah. Tidak banyak manusia yang peduli atau mengaguminya. Dia terus bekerja siang dan malam demi Kehidupan Batang dan Dedaunan tanpa mengenal lelah dan pamrih.) Anonim

Jadilah ‘’akar’’ yang kuat untuk mendidik dan merawat anak. jadikan Ia, anak-anak yang tumbuh dengan pribadi yang baik dan berbuat sesuatu sesuai dengan apa yang Rabbnya perintahkan

Tak perlu banyak menuntut, IKHLASKAN...

Read More
...

Cara Mudah Mengenalkan Nabi Muhammad SAW kepada Anak

 
Yuk, Ayah Bunda kenalkan sosok Teladan Terbaik sepanjang masa yaitu Nabi Muhammad SAW agar anak-anak bisa mengenal dan mencontohnya. Cara mudah untuk mengenalkannya yaitu dengan;

1. Berkisah tentang Nabi Muhammad SAW

Ayah Bunda bisa mengkisahkan tentang sejarah dan perjuangan kisah Rasul dan Para Sahabat dengan menarik dan ekspresif dengan bahasa yang mudah dimengertinya Karena dengan begitu anak akan lebih bersemangat dan menimbulkan rasa ingin tau yang mendalam tentang...

Read More
...

Aktivitas Seru Pengganti Gadget

 
Ada beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan agar anak tidak ketergantungan dengan gadget, seperti :

1  Bermain Air
Ajak anak untuk berenang, bermain hujan-hujanan ketika waktunya tiba, dan kegiatan main air lainnya yang bisa dilakukan dari rumah.

2  Olahraga
Seperti yang diketahui bersama, aktivitas olahraga ini adalah aktivitas yang akan membuat badan me...

Read More
...

Bagaimana Cara Rasulullah SAW memahami ketidaktahuan Anak?



Ayah Bunda tahukah tentang kisah ini?

Ketika ada seorang anak kecil dibawa kepada Rasulullah SAW untuk didoakan dimohonkan berkah dan diberi nama. Anak tersebut dipangku oleh beliau. Tiba-tiba anak itu kencing di pangkuan beliau, orang-orang yang melihatnya kaget dan berteriak.

Beliau berkata, “Jangan di putuskan anak yang sedang kencing, biarkanlah dia sampai selesai dahulu kencingnya.” Beliau pun berdoa dan memberi nama anak itu. ...

Read More
...

Terapi Kol untuk Bendungan ASI

Bundami mau cerita sedikit ya tentang pengalaman mengatasi payudara bengkak karena bendungan ASI. Hari pertama dan kedua melahirkan, ASI keluar masih sedikit berupa kolostrum. Nah, di hari ketiga ternyata super deras sampai melebihi kebutuhan Kakang, karena belum banyak juga nyedotnya. Walhasil, bengkak lah payudara. Mau breast care sendiri, kesakitan. Semalaman menahan sakit sambil menyusui, sampai hampir demam karena bengkak payudara. Udah ada tanda-tanda infeksi, pembesaran kelenjar getah ...

Read More
...

Jadi lebih baik toilet mana?


Saat toilet training Emil dan Awim dulu, saya sama Yabi @canunkamil mengajarkan dua jenis sama Emil Awim. Yaitu menggunakan toilet jongkok dan toilet duduk

Alasan, pertama karena toilet di rumah kami masih toilet jongkok. Sedangkan saat kami bepergian di beberapa tempat menggunakan toilet duduk????

Sebenarnya penggunaannya ada plus minusnya

Kalau toilet jongkok, secara posisi kita untuk BAK dan BAB, itu dipandang lebih baik bagi kesehatan, karena baiknya...

Read More
...

Tips Mempersiapkan Ramadhan bersama Keluarga

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu oleh ummat Islam di seluruh dunia.



Agar setiap anggota keluarga bisa menjalankan dan memaknai bulan yang penuh berkah ini, maka ada berbagai hal yang harus dipersiapkan. Lalu, persiapan apa sajakah yang harus dipersiapkan??



1.            Persiapan Batin ?

Yaitu membersihkan hati dan alam pikiran dari cabang-cabang penyakit hati, baik ...

Read More
...

Tazkiyatun Nafs, Kunci dalam Mendidik Anak


Tazkiyatun nafs atau yang sering disebut penyucian jiwa bagi para orangtua adalah hal yang sangat penting untuk mendidik anak-anak.

Pakar parenting, Ustadz Hary Santosa mengatakan bahwa Tazkiyatun Nafs merupakan upaya menyucikan jiwa dengan mengembalikan fitrah manusia sehingga teraktualisasi menjadi semakin mulia dalam kehidupan serta tidak terkubur atau tersimpangkan.

Allah berfirman dalam Al-Qur’an Surat Asy Syams: 7-10

‘’Demi jiwa s...

Read More
...

Mengapa Orang Tua perlu MEMINTA MAAF pada Anak?

Sikap meminta maaf tidak pernah memandang usia. Baik tua atau muda, jika merasa salah maka wajib meminta maaf, termasuk orang tua kepada anaknya.


Orang tua yang meminta maaf kepada anaknya merupakan sikap bijak dan mendidik dan akan menjadi pelajaran yang berharga baginya.


Adapun pelajaran atau hikmah yang bisa didapatkan oleh anak-anak dari kejadian tersebut adalah sebagai berikut:


1. Meminta maaf merupakan Contoh yang sangat baik.


Oran...

Read More
...

Tips Membacakan Buku untuk Anak


Buku adalah jendela dunia yang bisa memberikan banyak pengetahuan.
Orang-orang yang sukses di seluruh dunia pun ternayata memiliki kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkannya, yaitu membaca buku.
Bahkan Rasulullah SAW pun di saat menerima wahyu pertamanya melalui malaikat Jibril, Allah menurunkan surat Al-Alaq dengan diawali “Iqra” yang berarti Bacalah.
Jika Ayah Bunda ingin buah hati tercinta memiliki kebiasaan membaca buku, maka hal tersebut bisa dibiasakan ...

Read More
...

Inilah Efeknya Jika Terlalu Sering Membandingkan Anak

Pada dasarnya tujuan membandingkan anak dengan saudara atau teman-temanya bukanlah sesuatu yang buruk, karena ingin anak atau kita sebagai orang termotivasi agar lebih baik lagi dalam berbagai hal.


Ayah Bunda perlu mengetahui pula, bahwa sikap membanding-bandingkan tersebut merupakan insting alami yang ada pada setiap manusia.
Contohnya saja, ketika Bunda sedang belanja pasti akan membandingkan harga termurah dari satu toko dengan toko lainnya, betul ?


Nah, da...

Read More
...

Mengajari Anak tentang Konsep Kepemilikan



Setiap anak akan mengalami fase egosentris, yaitu fase dimana anak akan menjadi sangat dekat dengan benda-benda yang menjadi miliknya.


Karena itulah menjadi hal wajib diajarkan orang tua tentang sebuah konsep kepemilikan.
Apabila hal ini dibiarkan, khawatir ia akan tumbuh kembang menjadi anak yang enggan berbagi, selalu ingin menguasai apa yang ada didekatnya, dan sulit untuk bekerja sama dengan orang lain.


Mengajarkan tentang konsep kepemilikan in...

Read More
...

Gunakan Tips Berikut Ini untuk Mengkritik Anak

Kritik akan menjadi sebuah pengalaman belajar yang baik dan efektif apabila disampaikan dengan cara yang baik.
Dengan begitu, anak bisa tumbuh kembang dengan baik dan positif dari kritik yang membangun tersebut
Untuk bisa menyampaikan kritik dengan baik tersebut, Ayah Bunda bisa melakukan tips di bawah ini:

- Fokus pada situasi dan perilaku yang bisa diubah. Bukan pada kesalahannya, seperti:

”Yuk, nak kita cari kardus atau kotak yang tida...

Read More
...

Ingin Bermain Bersama Anak Sebaiknya Lakukan Tips Berikut ini

Ketika ada waktu untuk bermain bersama anak tentunya ada rasa kebahagiaan tersendiri bukan yang dirasakan Ayah Bunda?
Bermain bersama anak ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh anak kita. Mereka akan merasa diperhatikan dan memiliki Ayah Bunda yang memang asyik untuk diajak bermain.
Terlebih jika Ayah Bunda harus bekerja selama 6 hari full. kegiatan bermain bersama anak tersebut akan memberikan semangat baru yang sangat bermanfaat untuk diri sendiri maupun keluarga.

Read More
...

Manfaat Mengajarkan Pekerjaan Rumah Tangga kepada Anak

Jika Ayah Bunda ingin mengajarkan pekerjaan rumah tangga pada anak bisa dilakukan sejak dini yaitu ketika anak berusia 2 tahun.

Tapi, jangan berharap untuk bisa bersih yang terpenting kenalkan terlebih dahulu, berikan arahan, dan beri apresiasi ketika Ia mengerjakannya.

Mengajarkan pekerjaan rumah tangga ini pun bisa diajarkan pula pada anak laki-laki karena merupakan sebuah life skils yang akan bermanfaat hingga Ia dewasa.

Mengajarkan pekerjaan rumah tangga i...

Read More
...

Memuji Anak itu Baik Asalkan


Salah satu cara untuk membangkitkan rasa percaya diri anak bisa dilakukan dengan cara memujinya. Memuji suatu hal yang ia lakukan dengan baik. Entah itu keterampilan yang dilakukannya ataupun penampilannya yang memang baik.

Namun, sikap memberikan pujian ini sebaiknya tidak dilakukan dengan berlebihan karena menurut para ahli, pujian yang berlebihan  bisa menimbulkan berbagai perubahan bagi mental mereka, seperti ...

1. Tekanan yang Berlebih

Memuji ...

Read More
...

Anakku Bermainlah di Luar Karena

Di zaman yang serba canggih ini , tak dipungkiri bahwa banyak anak yang lebih memilih untuk bermain di dalam rumah.

Tetapi, permainan yang mereka lakukan lebih menggunakan gadget untuk bermain game, menonton, ataupun aktivitas lainnya.

Hal tersebut sangat jauh berbeda dengan anak-anak zaman sebelumnya yang lebih sering bermain di luar rumah.

Memang, zaman dahulu dan sekarang sangatah berbeda terutama dalam hal teknologi.

Tetapi perlu diketahui pula,...

Read More
...

Literasi Keuangan Sejak Dini

Pernahkah Bunda merasa sedih uang yang kita miliki baik sedikit atau banyak tapi selalu habis?
Pernahkah merasa bersalah karena uang yang disisihkan untuk disimpan akhirnya habis juga, Mes...

Read More
...

Belajar Parenting dari Nabi Ibrahim

Sebentar lagi kita umat muslim akan merayakan Idul Adha. Idul Adha ini sedemikian istimewa, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, ini adalah sebuah perayaan kelulusan ujian cinta, dimana Nabi Ibrahim memilih untuk menjadi jiwa yang merdeka, dengan menghamba secara utuh hanya kepada Allah SWT, meski perlu dengan pengorbanan yang sangat besar. Di seluruh dunia, Idul Adha ini dirayakn b...

Read More
...

Mengenalkan Allah SWT pada anak

Ceritanya, kakak Emil mengumpulkan uang celengan dan akhirnya tibalah waktu untuk membukanya, mau dibelanjain. hhehe. Nah, setelah dibelanjakan mainan yang diincar, uang celengan Emil masih ada sisanya. Pas dateng ke salah satu toko buku impor, Emil langsung ingat wishlistnya yang sudah terpendam lama. “Mau maina...

Read More
...

Akankah Kita Menjadi Orangtua yang Dirindukan?

Originally created by: @canunkamil

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perka...

Read More